Friday, January 7, 2011

Christabelle Fever's Journal

 Sedihnya kalo anak sakit :( Selama ini Belle gak pernah sakit serius atau lama. Paling2 Flu (batpil).  Apalagi waktu Belle masih ASI, demam tinggi pun paling hanya 1 hari... hari berikutnya tinggal sisa hangat (dibawah 38.5` utk anakk seumurnya belum kategori demam) dan berangsur sembuh. Tapi udah 4 hari ini Belle demam nihh... :( Malam terutama parah, pagi agak mendingan dan sore naik lagi temperaturnya. Selama ini gak pernah mencapai suhu normal. Wahhh... agak2 panik donk! Ditambah lagi gak ada gejala batuk pilek, gak ada mencret atau muntah.... Jadi apa donk??

Selama ini kalau Belle sakit yg biasanya demam diikuti batpil mommy selalu terapkan home treatment. Sejak ikut milis Sehat, mommy sangat perduli dengan yg namanya RUM (Rational Use of Drug) atau POR (Penggunaan Obat secara Rasional), jadi gak sembarangan kasih obat ke Belle, terutama antibiotik. Singkatnya yang mommy tau sih, AB itu hanya mengobati penyakit akibat bakteri, bukan virus. Kalo virus itu biasanya self limited alias bisa sembuh sendiri. Tentunya dengan treatment yang tepat (basically, cukup istirahat, banyak minum, makan mknan bergizi... give some time... nanti akan sembuh kok!). Akibat dikit2 AB, nanti tubuh kebal, penyakit yg sama harus ditingkatkan dosisnya dan lagi bisa mematikan bakteri2 baik yg ada dalam tubuh. 

Itupun yang mommy terapin selama 4 hari ini... Berusaha kasih makan yang banyak (walaupun susah karna kelihatannya ga selera atau susah nelan), kalau panas langsung kompres air hangat atau ajak berendam di air hangat dan dikucur2 airnya ke seluruh tubuh pakai washlap, Belle dipakaiin pakaian yang longgar dan tidak berlapis2, suhu ruangan dijaga biar ga terlalu panas. Untungnya sih Belle masih mau minum dan mau disuruh minum banyak2, mgkn dia rasa haus juga sih... Ohya semua ini tujuannya supaya dia dehidrasi. Banyak kasus dari hanya demam,,akhirnya harus masuk RS karna dehidrasi. Tapi menjelang hari ke-4 mommy udah mulai panik jg sih karna ga jelas Belle sakitnya apa... batpil gak keluar sampe skrg. Berbagai pikiran buruk mulai muncul... DB kah? DBD? kawasaki? Duhh.... tapi ga ada bercak2 atau ruam2 di kulitnya. Ada rash sih di selangkangan dan ga mempan dikasih 'sudocream' juga... tapi feeling sih hanya ruam popok belaka. Ya sudah kami putuskan cek darah Belle. Tata laksananya utk umur 2 tahun memang kalau demam gak baik selama 72 Jam sebaiknya test darah. Ditambah lagi Belle kelihatan lemas walaupun gak sampai lethargic (tidur terus menerus, susah dibangunkan), mgkn jg karna susah makan. Jadi kami bawa ke dokter di hari jumat sore sekalian minta surat rujukan untuk test lab. Ohya, berikut kronologis sakitnya Belle:

Day 1 (selasa sore): Awalnya Belle aktif seperti biasa, bahkan sangat aktif loncat sana sini. Karna besoknya libur kami ajak dia ke toko buku dan dia masih ketawa2 dan lompat2 walaupun saya sudah agak curiga karna tangannya terasa hangat. Benar saja, malamnya ketika tidur badannya sudah panas. Saya temp dengan digital termometer >37,5`C

Day 2 (Rabu): Pagi, panas belum turun juga. Belle bangun pagi2 sekali (jam 6 lewat, biasanya jam 8 kadang harus dibangunkan) Tapi hari ini Belle masih mau makan dan mau banyak minum (mommy doktrin terus harus banyak minum air putih, susu, dll). Siang agak lumayan walaupun tidak sampai suhu normal. Malam mulai panas lagi bahkan sampai 38.5`C :( mommy belum kasih obat penurun panas apapun. Selain itu kok ya nafas dan mulutnya berbau aneh/kurang sedap, nafasnya agak aneh seperti ada dahak di tenggorokannya. Tapi dia gak batuk.

Day 3 (Kamis) : Subuh Belle terbangun seperti kemarin, badannya sangat panas. Akhirnya jam 10 pagi mommy putuskan kasih panadol for kid (walaupun banyak yang terbuang karna Belle meronta2) Makan sudah mulai susah, minta dibuatkan bubur havermut tapi tidak dimakan. Sepanjang hari kelihatan lemas, tidur siang 2X tapi tidak sampai 2 jam. Makan sore juga masih susah, diberikan panadol lagi, panas agak turun sedikit. Sore ini Belle BAB, mommy cek masih bagus (tidak keras, tidak hitam, tidak berdarah).Malam tidur agak gelisah, saya temp lagi hampir mencapai 40` (39,8`C). Sampai saat ini tidak ada batuk atau pilek. Jam 10 malam, Belle sempat batuk lalu muntah (agak berlendir muntahnya).

Day 4 (jumat): Panasnya agak turun, tapi belum mencapai suhu normal. Mommy  malah tidak lega karna pernah baca kalau DBD justru di hari ke-4 atau ke-5 suhu badan normal. Tapi di badannya tidak ada bercak2, hanya di selangkangan ada ruam yang dicurigai ruam popok. Akhirnya  mommy daddy putuskan sore ini bawa ke dokter. Menurut hasil dokter, Belle radang tenggorokan (atau pencernaan? mommy cuma ingat radang... tapi rasanya radang tenggorokan). Diberi obat antibiotic dan Fungatin Nystatin. Ruam di selangkangan mnrt dokter juga betul ruam popok. Mommy & Daddy minta test lab dan diberikan surat pengantar. Namun kita gak langsung periksa lab malam itu karna Belle keliatannya seneng banget diajak jalan2 naik mobil, minta permen yuppie bahkan waktu lewat restaurant Sop ikan, dia merengek minta sop ikan pakai nasi. Akhirnya kami bungkus dan bawa pulang. (Dengan harapan emang nafsu makannya sudah balik, eh ternyata harus byk trik supaya dia mau disuapin makan dan yang dimakan hanya daging ikannya aja)

Day 5 (sabtu): Bangun pagi agak segar dan sudah mau main/bercanda walaupun agak manja. Panas badannya sudah berkurang jauh, saya ukur 37,5`C Makan masih sangat susah, sejak  kemarin Belle seperti kepingin makan ini/itu, dia minta tapi ketika di depannya tidak dimakan... :( Sorenya saya bujuk makan nasi lembek dengan kaldu, dia semangat mau makan tapi baru satu suap sudah muntah. Gak tau kenapa kok tiba2 mommy khawatir, jadi minta antar daddy untuk cek darah. Duh susahnya waktu diambil darahnya... mommy harus ikut tiduran di tempat tidur, tangan Belle dikakuin dan kuat2 peluk leher mommy, jadi harus dipaksa kasih ke mas2 yg ambil darahnya sambil dipegangin terus supaya ga ditepis tuh jarum suntiknya :( Eh tapi ambilnya bukan di jari loh, setauku kalo anak2 ambil darah di jari dan pasti sakit banget! Ini enggak, di lengan seperti orang dewasa aja... Terus katanya hasil darahnya ready dalam 2 jam, nanti akan di info by phone kalau sudah bisa diambil. (sampai malam ditunggu2 sih ga di telfon juga...)

Day 6 (minggu): Belle kelihatan jauh lebih baik walaupun masih sangat manja, cengeng dan gampang marah. Tapi susah sekali makan sama seperti kemarin. Pagi masih mau makan roti coklat satu tangkup, siang harus dipaksa2 makan dan hanya masuk bbrp potong daging ikan. Nasi sama sekali gak mau. Malam, makan bihun basah tanpa apapun. Sepertinya dia enek/mual. Hari ini suhu badannya hampir mendekati normal. Malamnya pulang gereja, mommy & daddy mau ambil hasil darah eh tapi labnya udah tutup :(

Day 7 (senin): Daddy blg hari ini Belle msh lanjut istirahat, ga usah sekolah dulu walaupun dia sudah much better, badannya sudah 'adem' dan mulai berkeringat (kemarin2 ketika demam tidak ada keringat, dan lagi mommy selalu jaga supaya tidak dehidrasi selain dengan banyak minum, Belle pakai pakaian longgar dan ruangan berpendingin). Tapi masalahnya dia masih juga belum mau makan. Minum masih terus mommy sodorkan yang banyak, anehnya dia tidak terlalu mau susu, jadi hanya air putih saja. Kemarin sempat dibuatkan jus jambu merah juga tidak suka, bau katanya!!

Ohya, ini hasil test darah Christabelle kemarin:

Haemoglobin = 12.3 g/dl ;  Nilai normal = 10,50 - 13,50
Lekosit = 4.700 /mm^3 ; Nilai normal = 5.000 - 11.000
Laju Endap darah = 22 mm/1 Jam ; Nilai normal = <20
Jumlah trombosit = 261.000 /uL ; Nilai normal = 150.000 - 450.000
Hematokrit = 37.4% ; Nilai Normal = 32 - 44
Eritrosit =4.48 Juta/mm^3 ; Nilai normal = 3,60 - 5,20

yang lain2 (MCV,MCH,MCHC,RDW,PDW,MPV,PCT) rasanya semua normal

Hitung Jenis Lekosit:
Eosinofil = 0% ; Nilai normal = 1 - 3
Basofil = 0% ; Nilai normal = 0 - 1
Neutrofil Batang = 0% ; Nilai normal = 2 - 6
Neutrofil Segmen = 69% ; Nilai normal = 50 - 70
Limfosit = 28% ; Nilai normal = 20 - 40
Monosit = 3% ; Nilai Normal = 2 - 8

Sebelnya, hasil cek darah gak diterangkan oleh labnya (GS). Malah disuruh kembali ke dokter. Waduh selain belum ada waktu, kok males yaaa bayar konsul dokter hanya utk bacain hasil lab. Akhirnya kami baca sendiri dan analisa sendiri sambil tanya sana sini... Overall sih OK yah dan yg ditakutkan (DBD) rasanya enggak karna kadar trombosit masih di ambang normal. Hanya lekosit yang sedikit di bawah normal 4,700 sementara normalnya min. 5,000. Search di mbah Google sih bisa jadi karna infeksi virus dan lagi Belle masih lemah akibat demam kemarin. Ohya, mommy sms dokternya juga sih, tapi belum di-reply. So far Belle udah mulai ceria, udah banyak cerita dan main2. Cuma semua orang bilang dia kurusan... Well, mommy sure hope you'll Get well soon little princess!!

No comments:

Post a Comment