Wednesday, September 24, 2008

Belle 6 months: 1st Solid food

Horayy!! Hari ini Belle genap usianya 6 bulan! Udah bisa mulai solid food donk mom?? Pastinya... mommy udah siap2 dari sebulan lalu kok... perlengkapannya, bahan2nya. Tepung beras merah udah dikirim nini dari Jakarta. Giling dari beras merah pilihan. Rencananya emang mommy mau kasih Belle makanan2 alami aja daripada yang instant2. Tujuannya supaya Belle kenal rasa alami dulu dan dari sumber2 yang mommy baca sih, anak yg start solid dengan home made food, ke depannya nanti lebih gak sulit makan daripada yang pake bubur2 instant.

Nah, sebenernya dari umur 4 bulan Belle udah keliatan interest banget sama makanan. Kalo liat orang makan dia ngeliatin dengan penuh harap dan air liurnya bisa sampe netes hehehe... malah belakangan kalo liat mommy or daddy ngunyah dia bisa berdecak2. Aduhhh kasian nak, sabar yaa...!! Mommy sengaja tahanin aja biar Belle genap 6 bulan, supaya perut Belle lebih siap dan kuat. Sebelum itu susu aja sumber nutrisinya, 95% ASI mommy :)

Kemaren mommy lagi makan mangga dan Belle ngeliatin terus sambil teriak2... jadi mommy bikin aja mangganya diblender, saring dan campur ASI mommy dengan komposisi banyakan susunya daripada juice-nya. Jadinya emang enceeer bgt... Itulah 1st solid food nya Belle dan dia keliatan suka banget :)


Hari ini baru mommy buatin bubur beras merahnya. Sama sih tetep encer dengan campuran ASI mommy 75% dan buburnya cuma 25%. Gimana reaksi Belle nyicipin solid food pertamanya?? Wah dia exciting banget, agak2 bingung gimana gitu karna sendoknya kayak mau disedot gitu hahaha... (sendok ini khusus untuk bayi yg baru makan, lembek bgt ga sakit di gusi), tapi setelah bbrp suap dia terus bilang AAAAAA kayak mo nambah terus dan terus.

Untuk Belle 1st solid ini mommy terapin metode '4 day rule' Jadi, makanan jenis yang sama mommy kasih terus selama 4 hari. Kekentalannya ditambah sedikit2. Tujuannya, supaya gampang mendeteksi kalo kalo Belle alergi satu jenis makanan, we know which food to blame :) Yah, mommy b'doa supaya Belle makannya terus bagus seperti ini.

No comments:

Post a Comment