Sunday, September 21, 2008

Panduan makan bayi pertama

Wah ga kerasa bentar lagi Belle udah mau 6 bulan. Saatnya mulai solid food alias MPASI (makanan pendamping ASI). Namanya juga pendamping ASI, jadi yang utama di tahap ini masih tetep ASI doonk :) Banyak pendapat tentang apa yang sebaiknya dilakukan untuk momen2 berharga ini (cieee... semua yg 1st pasti special donk?) Tentang pemberian di umur 6 bulan, masih byk juga sih moms dan dokter (biasanya yg jadul) yg bilang suruh kasih di umur 4 bln, tergantung berat badan anak. Nah kalo aku pribadi lohh... dari sumber2 terpercaya, aku lebih setuju kalo solid food start di umur 6 bulan dimana pencernaan anak sudah lebih siap. Besar atau tidaknya anak gak berpengaruh kok, bukan berarti anak yang fisiknya gemuk jadi pencernaannya lebih dewasa :) ini menurut pendapatku lohh... jadi kalo aku... better wait until my baby ready :)

Hmmmm mo share banyak hal sih yg pengetahuan yang aku punya tentang solid food (sumber dari buku, internet research dan mother's group waktu aku masih di Australia). Biar lebih terarah dan gak lupa2 aku buat dalam bullet point aja yahh... Ini dia inti2nya:

  • Perkenalkan satu jenis makanan dalam jumlah yang sedikit dan kepadatannya bertahap pelan2. Jadi hari pertama jangan langsung padat banget yah moms... nanti baby nya kaget karna dari reflek mengisap sekarang dia harus mengecap. Dicairkan dengan ASI perah (Best!) atau susu formula, dengan komposisi 70% cairan + 30% makanannya. Besok2 bisa dikurangi cairannya sampai bener2 berbentuk bubur kental :) liat reaksi anak dulu ya!
  • Terapkan sistem 4 Days Rule! Satu jenis makanan (jangan dicampur dulu, 1 jenis aja!) diberikan selama 4 hari berturut-turut. Tujuannya supaya kalau ada alergi atau gangguan pencernaan akibat makanan tertentu, moms bisa langsung deteksi penyebabnya.
  • Jenis makanan yang bagus diperkenalkan pertama kali. Nah ini banyak versi sih... Ada yang bilang baiknya dikasih buah dulu, ada yang bilang sayur dulu atau karbohidrat dulu. Kalo mnrt aku sih ga terlalu jadi masalah. Kalo aku rencananya mau kasih bubur beras merah campur ASIP :)
  • Ingat2... Gak perlu kasih tambahan perasa apapun ke bubur bayi seperti garam, gula, apalagi kecap dan madu (yang terakhir ini bisa akibatkan botulism alias gangguan pencernaan). Ginjal dan pencernaan bayi masih sangat fragile moms... selain itu supaya bayi kenal rasa alami makanan dulu.
  • Slowly but sure... Kalo baby keliatan nolak makanan yang kita kasih. Jangan sedih moms! Dan yang paling penting jangan pernah memaksa anak makan, nanti dia akan trauma dan membenci aktifitas makan. Kalo emang bener2 susah dan gak mau, singkirkan dulu sebentar setelah berapa jam coba lagi. Ciptain atmosfer yang menyenangkan buat baby, pasang lagu kesukaannya... dll
  • Cari tau sendiri apa yang cocok buat si baby, jangan terpengaruh orang lain (orangtua sekalipun :p) Kalo anak orang makan pertama pisang (yang malah menurut DSAku kurang ramah buat perut baby), bukan berarti kita juga harus persis sama padahal anak kita belum tentu bisa terima. Trust your feeling mom and Enjoy this very special experience :)

No comments:

Post a Comment