Thursday, July 15, 2010

Vitamin tambahan, perlukah untuk anakku?

Dari mulai ASI lalu home made solid food. Udah bisa nebak kan tipe ibu kayak apa aku? Ya, aku bisa dibilang suka konsep "Back to Nature" karena aku percaya banget kalo buatan Tuhan pasti lebih baik daripada buatan manusia, secanggih apapun itu!. susu formula dibanding ASI? Ya Jelas jauhlah, walaupun di iklan katanya da tambahan AHA, DHA, bahkan diclaim ada tambahan colostrum segala. Kalaupun zat-zat tersebut ditambahkan, kan udah melewati rantai proses yang panjang dari bentuk asli susu yang cair sehingga jadi padat berbentuk bubuk. Pakai ditambah ini itu, gak ada bukti penelitian kalo zat blablabla itu masuk diserap tubuh 100%. ASI aja deh udah paling bener, udah kebukti kok daya tahan Belle paten banget :) 

Kalau Home made solid food vs instant solid food. Aku ada banyak pertimbangan sih, selain dari gizi yah pasti lebih alami yang home made (walau lebih repot sedikit buatnya).Tapi selain itu juga aku pengen anakku tau rasa asli makanan, dan emang pernah juga dicoba waktu darurat kami acara gereja ke pantai (Belle baru start solid food umur 6 bulan), terpaksa bawa bubur sachet instant  + termos air panas karena yang home made ga tahan di perjalanan., dan ga mungkin masak disana. Ternyata oh ternyata... anakku ga doyan!! Kayaknya sih terlalu manis ya... udah ditambah air hangat, tetep dia gak suka. Beberapa kali (saat darurat) aku coba dengan rasa yang lain, kali ini asin (kentang brocoli kalo ga salah), eh tetep aja ga suka dia, kalaupun mau dimakan mungkin karna laper tapi yah ga selahap bubur buatan sendiri yang fresh. Ya sudahlah... memang cocok kalo begitu kan :)

Nahhh.... tantangan dimulai sejak... udah lama sih sebenernya. Mungkin sejak Belle start solid food ya atau sebelum itu, mommy lupa juga. Baik mama kandung atau mama mertua (yg lebih gencar sih) terus2an nanya, "Ini anak gak dikasih vitamin??" Kwawaaa..... sempet speechless mommy belum siapin jawaban yg ilmiah nih. Cuma simple jawab "Ah gak perlu, gizi dia udah terpenuhi dari makanan sehari2nya, asli dari alam!"
Emang Belle jagoan sih segala brocoli, wortel, bayam dia lahap. Apalagi buah waaahh doyan banget! Ga cukup sekali dua kali nihh mommy dicecar. Kalo mama kandung sih biasanya lebih pasrah, dan nurut2 aja (Lebih ke "Ya udahlah itu anak kamu, kamu yang ngerti!) tapi mamer yg cukup kekeuh... nanya dan nanya terus... hiks hiks... Tapi emang setelah mommy analisa, rupanya beliau besarin anak di jaman yang belum 'selengkap' sekarang, jadi kasih susu formula dan vitamin (yg menurut cerita dicampur ke susu atau bubur  bayi) adalah seperti suatu prestise buat orang2 yang mampu. mommy selama kasih ASI aja (yg 2 tahun lebih aja :p) bolak balik ditanyain, masih keluar susunya?? (Mungkin pada masa itu Full ASI cuma buat orang yang kurang mampu beli susu formula) Akhirnya setelah "cukup sering ditanyain (seperti org amnesia, lupa pertanyaan yang sama udah ditanya berkali2, dan yg jawabpun jawabannya diulang2 seperti kaset rusak hehehe) akhirnya mommy jadi agak goyah nihh... bener gak yah, bener gak yah tindakan mommy gak kasih vitamin artifisial apapun ke Belle?"

Pernah memang mommy baca waktu masih di Aussie, kalo vitamin, apalagi obat, memperberat kerja jantung. Ya orang dewasa juga! Apalagi anak2!! Sedikit cerita, di Australia memang dokter agak strict dalam pemberian obat (Oh, beli di apotik juga ga mungkin sembarangan tanpa prescription) Sering pas mommy masih kuliah dan sakit demam diikuti flu, berobat ke dokter dengan harapan dikasih antibiotic. Eh boro2... obat batuk syrup pun enggak, cuma disuruh  pulang, istirahat dan makan panadol.!Karna berdasarkan observasi dokter,  sakitnya cuma common flu yang bisa hilang dengan sendirinya, bisa dilawan dengan daya tahan tubuh sendiri. Cuma dibilang suruh banyak minum air putih, orange juice + istirahat cukup. Itu yang terjadi di negara maju yaa yang kompetisi produsennya (baik susu formula, apalagi vitamin or obat wah jarang liat deh iklannya) gak segila or gak masuk akal seperti di Indonesia!.

Akhirnya mommy coba browsing lagi, internet research, join milis sehat, Dan ternyata oh ternyata memang bener pendirian mommy selama ini. Gak perlu kok segala vitamin buatan itu untuk si buah hati. Kalo aku coba rangkum, alesan kenapa anak gak perlu dikasih vitamin:
  1. Takaran / dosis vitamin, baik berbentuk pil, tablet atau syrup seringkali melebihi yang dibutuhkan tubuh. Ya kalo vitamin C, yang gak dibutuhin keluar lewat air kencing. Tapi walaupun begitu juga kan bikin berat kerja ginjal toh?? kasian kan? 
  2. Anak yang sehat dan asupan nutrisinya sudah cukup dari makanan sehari-harinya, kalau masih ditambah vitamin (yang mana gak diperlukan tubuhnya) maka nantinya kelebihan vitamin A, C atau D akan jadi toxic, gejalanya bisa pusing, gatal, mual, dll. Serem yaa?
  3. Kadang kita sebagai ortu sering melebih-lebihkan. Sebenernya dosis vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak dari makanan mereka gak sebanyak yang kita pikirkan, ini juga berlaku bahkan untuk seorang anak yang pemilih (susah makan).
  4. Sebagian besar vitamin disimpan di dalam tubuh. Artinya, seorang anak gak perlu makan setiap jenis makanan yang mengandung zat yang dibutuhkan setiap hari. Bayangkan dengan usaha kita menjejali mereka vitamin / multivitamin setiap hari sementara, yang dibutuhkan satu dari setiap jenis mungkin hanya perlu seminggu atau dua minggu sekali
  5. Ironisnya, orangtua yang memberi anak2 mereka vitamin tambahan biasanya adalah mereka yang sebenernya udah kasih jenis makanan (rumah/alami) yang sehat. Cuma mungkin kurang pede dan ketakutan hanya karena, misalnya si anak mogok makan satu jenis sayur atau gak mau buah.
  6. Vitamin bisa ditemukan di sumber-sumber yang tidak terduga. Kalsium gak hanya bisa berasal dari susu sapi, tapi juga dari produk non dairy lainnya seperti tahu, bayam, salmon, sarden, bokchoy, almond, dll. Banyak pilihan deh! Yang jelas ga hanya susu kan?
  7. Jaman sekarang ini banyak makanan yang sudah di fortifikasi. Jadi meskipun si anak sangat pemilih dalam hal makanan. Makanan favoritnya yang mungkin secara alami gak mengandung nutrisi tertentu, terkadang oleh produsen sudah ditambahi zat / nutrisi tsb. Contohnya: Orange Juice, Sereal, Roti ada yang mengandung Kalsium. Sementara susu, margarin, puding ada yang di dalamnya terdapat vitamin D.
Jadi moms, daripada buang uang untuk beli multivitamin / vitamin yang mahal, lebih baik tabung buat sekolah anak ya :) Sekali lagi, yang alami lebih baik dan ramah di tubuh daripada yang buatan, kita gak tau efek jangka panjangnya!

source:
*milis sehat
* A Vitamin a Day - Healthy Children Organization
*Where we stands - Vitamin

No comments:

Post a Comment