Saturday, October 30, 2010

Disiplin anak

Banyak orang yang beranggapan kalau aku terlalu lembek sama anakku. Ga sedikit juga yang berkomentar negatif. Malah sering dari 'inner circle' sendiri (mama dan kakak kandung). Mereka bilang aku ga pernah marah dan anakku Belle gak takut sama mamanya. Well, emang sih di umur 2 tahun ini Belle lagi seru2nya melewati "Terific two" (ga mau sebut 'terible' ahh). Sering tantrum, apalagi kalo kemauannya gak keturutan. Sebenernya kalo dianalisa, ini tambah diperparah karna emang karakter Belle agak keras, keliatan dari baby... kalo gak mau tidur dan maunya nyusu dia kuat nangis  dengan suara keras dan melek berjam-jam. 

Bisa dibilang emang aku hampir gak pernah jerit-jerit ke anak kalau dia berulah nakal, teriak protes atau jutek sejutek2nya ke orang2 yang dia kurang familiar. Aku pernah baca kalo kekerasan  (terutama fisik) ke anak bukannya menyelesaikan masalah malah bisa memperburuk kenakalannya. Nah, mulai Belle umur 2 tahun aku terapin "Time Out" dimana kalo dia nakalnya ga bisa ditolerir lagi (yang disepakati: numpahin makanan/minuman secara sengaja, buang/lempar barang, keras kepala gak mau beresin mainannya, itu beberapa contohnya), aku hukum dia berdiri di pojok selama 2 menit. Kenapa cuma 2 menit? Ya itu sesuai umurnya menurut buku Nanny 911. (nanti umur 3 tahun jadi 3 menit, 4 tahun jadi 4 menit, dst) Lagipula jangankan 2 menit, 2 detik aja "Like Hell' buat sang terhukum. Biasanya sih selalu nangis meraung2 dan coba keluar, coba2 peluk mamanya (aneh juga sih yang hukum mamanya tapi larinya juga ke mamanya, cari nyaman hehe...) Tapi aku balikin lagi terus berulang2 sampe masa hukumannya habis. Lama2 sih dia mulai agak ngerti, kalo misalnya numpahin sesuatu ga sengaja (which is ga akan dihukum sbnrnya kan ga sengaja?!), dia akan buru2 bilang "I'm sorry mommy..." atau dengan melas bilang "Aku gak mau di pojok!" Hmmm rasanya sih udah ngerti ya kalo salah ada punishmentnya :)
Kembali lagi soal opini orang... Emang Belle ini bisa dibilang agak jutek terutama buat orang2 yang dia kurang kenal dan mau SKSD sama dia. Bakalan diteriakin Aaahh ahhh... dan lari ke mamanya. Dan kalo udah ga suka sesuatu dia bisa teriak kenceng banget. Nah kalo udah gitu, aku tegor sih tapi memang aku ga jerit2... ummm mungkin itu yang diharapin orang2 kali yaaa... anak bertingkah dikit mamanya jerit, anak teriak, mamanya harus lebih kenceng teriak. Menurut mamaku, aku ga pernah marah sama anak. Trus kyknya sih mrk pikir aku ga ada power thd anakku :( Malah pernah kakak cerita tentang temennya yang punya anak seumur Belle, cewe juga. Dan si ibu muda ini katanya ga bisa sesabar aku, kalo anaknya gak mau dipilihin baju dan berlama2 milih baju sendiri, si ibu akan teriak marah dan banting pintu di depan anaknya. Dan ini diceritain dengan penuh rasa bangga, katanya dengan begitu anaknya ga berani sama dia.... Well, aku agak ragu sih. Jadi aku searching2 di internet soal "Child Discipline" dan sharing/ curhat di milis... Rata2 sih emang sepaham sama aku, ga menganut kekerasan dalam menghadapi anak. Apa iya sih anak harus TAKUT sama orangtuanya?? Nanti malah takutnya cuma kalo ada ortunya aja... kalo ga ada macam macan lepas kandang? Kan ga ngajarin nilai2 yang bener jadinya? Bukannya ngajarin sesuatu dengan harapan kalau mandiri, sikap tsb tetep ada no matter ada yg ngawasin atau enggak? Soal si ibu yang banting pintu depan anaknya... hmmmm liat aja sebentar lagi apa si anak ga juga banting pintu depan mamanya??

No comments:

Post a Comment