Sunday, June 6, 2010

Tanpa Tujuan...

Jika keluarga hendak bepergian jauh, seperti piknik misalnya, maka kita sebagai ibu rumah tangga akan direpotkan untuk mempersiapkan baju, bekal dan perlengkapan untuk acara piknik tersebut. Sebelum mempersiapkan barang-barang yang hendak dibawa, kita pasti tahu lebih dulu tujuan kita. Apa jadinya jika kita bepergian tapi tidak tahu tempat mana yang bakal kita tuju? Persiapan kita pasti sangat kacau. Kita pergi ke daerah pegunungan yang dingin tapi yang kita bawa bukanlah mantel atau jaket tebal, melainkan baju pantai yang tipis. Sebaliknya, kita pergi ke pantai namun yang tersedia di kopoer adalah baju hangat yang sangat tebal. Semua keruwetan ini bakal terjadi kalau kita tidak menetapkan tujuan yang jelas pada awal mulanya. Pesan moralnya, kemana tujuan kita akan sangat menentukan bagaimana persiapan kita.

Apa yang terjadi jika kita tidak memiliki tujuan yang jelas di dalam hidup kita? Yang pasti, hidup kita hanya akan berputar-putar tanpa arah yang pasti. Selain itu, kita juga tidak akan pernah mempersiapkan hidup kita untuk meraih impian hidup kita. Biasanya kita hanya 'just let it flow', mengikuti kemanapun 'angin' atau 'aliran' membawa hidup kita. Jujur saja kita kerap memanipulasi istilah 'nge-flow' untuk menunjukkan bahwa kita hidup sesuai dengan apa yang Tuhan mau, padahal sebenarnya yang terjadi tidak seperti itu. Yang terjadi adalah kita tidak pernah memiliki tujuan hidup yang jelas!


Allah menciptakan kita bukan tanpa tujuan. Dia menciptakan kita dengan tujuan yang sangat jelas. Tugas kita adalah mencari tahu apa rencana Tuhan untuk kehidupan kita secara pribadi, Apa rencana Tuhan untuk keluarga kita, dst. Jika kita tahu persis tujuan Tuhan di dalam hidup kita, barulah kita 'nge-flow' sesuai dengan kehendak Tuhan. Sekali lagi, kita tidak boleh 'nge-flow' secara membabi buta, tapi kita 'nge-flow' yang mengarah kepada tujuan. Ingatlah bahwa perjalanan hidup kita hanya sekali dan tidak bisa diulang lagi, karena itu pastikan kita memiliki tujuan hidup yang jelas sehingga hidup kita memuliakan Tuhan dan seperti rancangan Ilahi atas hidup kita. Sudahkan Anda memiliki tujuan hidup yang jelas?

Bila tidak ada Wahyu, menjadi liarlah rakyat
Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum
(Amsal 29:18)

No comments:

Post a Comment