Wednesday, August 18, 2010

1st day going to School

Hari ini Belle ke sekolah pertama kali. Harusnya sih masuk tanggal 12 Juli tapi karna Belle n' mommy lama liburan di Jakartanya, jadi bolos dulu deh 2 minggu. Eh ternyata pas balik ke Batam pas awal puasa jadi libur lagi deh seminggu :p Masuk lagi hari ini, sehari setelah HUT RI ke-65 (penting nih buat pengingat :p)

Di kelasnya, Belle punya 4 orang teman seumurnya (Sekitar 2 tahunan). Masuknya di kelas Playgroup yang notabene memang banyak mainnya. Mommy perhatiin juga metode dan kurikulumnya kurang lebih Belle udah dapet di rumah. Nyanyi bareng sambil tepuk tangan, pake gaya; nonton Barney atau acara anak2 lain bersama; mewarnai gambar; Main lego, boneka, bola  (yang ini masih suka rebutan :p) dan yang paling mommy suka (karna ga ada kesempatan ini di rumah): di tengah pelajaran, ada acara makan bersama teman2nya. Diajarin sebelum dan sesudah makan cuci tangan, dan makan bekal masing2 di meja. Belle yang sekarang ini lagi susah makan :( jadi agak lahap deh ngeliat temen2nya juga makan. Dan tertib karna makannya duduk di kursi masing2 di meja bundar.

Sebetulnya mommy & daddy mau masukkin Belle sekolah nanti kalo udah 3 tahun lebih. Kalo soal kepandaian, bukannya sombong... mommy rasa Belle cukup cerdas dan cukup stimulasi dari bermain belajarnya di rumah. Tapi memang, karna Belle masih sendiri, belum ada adik, segala perhatian tertumpah ke dia. Jadinya agak manja dan kurang bisa berbagi. Well, karakter anak emang sih beda2, aku liat Belle agak keras kemauannya. Which is somehow good, tapi juga perlu diarahkan. Di sisi lain, dia seneng banget kalo ketemu anak2 kecil, anak tetangga aja pengen diajak main ke rumah terus (walaupun seringnya berantem karna berebutan mainan hehe...) Jadi kami berdua pikir, udah waktunya Belle sekolah untuk lebih banyak bersosialisasi  sama anak seumurnya dan belajar patuh sama orang dewasa lain di luar orangtuanya. Emang sih setiap minggu Belle sunday school, tapi karna kelas batita range umurnya besar, dari bayi sampai 3 tahun. Jadi gak semua anak seumurnya, dan lagi memang fokusnya beda, lebih ke pertumbuhan rohaninya.

Buat mom & dad yang berpikir kapan waktu yang tepat untuk nyekolahin anak, Gak usah bingung-bingung, apalagi berpatokan sama anak orang. Setiap anak itu beda dan punya tahap perkembangan masing-masing. Liat aja anaknya udah siap apa belum, udah butuh apa belum. Yang jelas, pendidikan utama tetep kok di rumah dan di tangan kita orangtuanya. 

Sedikit panduan nih untuk tahu kesiapan anak dan orangtua untuk mulai sekolah.

Lakukan bila alasannya:
  • Ingin anak belajar bersosialisasi, bertoleransi dengan anak sebayanya
  • Ingin anak belajar tertib dan patuh di bawah panduan orang dewasa selain ortu nya
  • Ingin anak  bisa menyalurkan energinya ke hal-hal yang positif. Di rumah saja menonton TV (walaupun full acara anak2) juga tidak baik dan mainan2 yang sifatnya edukatif di sekolahpun lebih bervariasi daripada di rumah
  • Anak sedikit atau gak punya pergaulan dengan anak lain di rumah atau lingkungan sekitar
Jangan lakukan bila alasannya:
  • Anak sangat nakal dan tidak bisa diatur. Jangan menyerahkan tanggungjawab kepada oranglain. Kelakuan anak adalah tanggung jawab orangtua!
  • Anak dirasa kurang pandai dibanding anak-anak lain. Seperti aku udah sebutkan, gak baik banding2in karna setiap anak beda. Kalaupun dirasa telat (misalnya telat bicara, telat jalan dll) ortu harus telaah lagi, sudah cukup gak stimulasi yang dibutuhkan di rumah
  • (The Big No no) Karna Gengsi ortu. Banyak ortu yang sombong dan berpikir "Ah kami sanggup kok membayar sekolah anak, jangankan National Plus, International Plus juga bisa!" Ingetlah, semahal apapun sekolah akan percuma kalau di rumah anak gak pernah ditanya "Tadi belajar apa nak di sekolah?" "Temen2nya gimana, baik2 gak?" Apalagi gak pernah main sama anak, ajak berdoa bersama, dll.
Yang penting diinget sih kalo pendidikan awal dan utama anak adalah di rumah. Kata-kata pertama didapat dari ibunya, nilai2 moral dari ayahnya. Semua itu yang akan diinget anak sampai dia besar. Soal memilih sekolah juga, jangan dilihat dari favoritnya atau mahalnya. Aku sempet survey ke beberapa sekolah dulu  (bareng sama anakku) untuk nemuin mana yang nyaman buat dia. Dan kalo sekarang di sekolah lebih banyak main daripada belajarnya, aku juga ga ngotot. Namanya juga playgroup: kelas bermain. Walaupun Belle udah bisa A B C, 1 2 3, kenal warna, lancar ngomong, aku juga gak mau maksain dia di umur 2.5 tahun untuk masuk TK atau pre-school. Karna emang mentalnya masih suka main dan belum bisa konsentrasi untuk waktu yang lama. Gak perlu ambisi apapun, biarin semua berjalan sesuai waktunya aja. Yang pasti Peran orangtua yang punya andil besar dalam perkembangan pribadi dan intelektual anak.

No comments:

Post a Comment