Wednesday, April 20, 2011

Kartini masa kini: ke dapur atau tidak?

Sebetulnya berawal dari survey iseng di twitter. Kebetulan atau enggak emang pas besok hari Kartini. Penuh deh sama bahasan-bahasan emansipasi dll. Nah surveynya sih simple banget, dimulai dari seorang cowo (anonim aja yaaa) yang sepertinya sih masih single. Dia lempar pertanyaan kurang lebih gini "Jaman sekarang cowok milih istri apa musti bisa masak?" Aku sih ga begitu ngikutin sebenernya, karna taunya pun dari respon seorang ibu muda yang buat aku sih agak sedikit mengagetkan. Dia cerita dulu waktu dikenalin ke keluarga (dulu) calon suaminya, ditodong masak. Trus si calon suami jawabin keluarganya, tarolah nama cewe ini si A, "Si A gak bisa masak, lagipula aku kalo mau istri bisa masak nikahin aja pembantu, gak nyari sarjana donk!" DENG... inilah yg menggelitik aku buat comment (dasar kurang kerjaan hehehe...).

Menurutku agak aneh aja sih di hari gini masih ada pikiran seperti itu. Kalo masak identik dengan pembantu dan sarjana dengan level atau status lebih tinggi notabene gak bisa masak. Yah aku pertanyakan ke ybs. Tapi no respons. Ada juga sih ibu2 lain yg comment "Aneh ya kalo dianggap yang bisa masak cuma orang kampung." Dan langsung ditanggapi kalau konteksnya beda. Replyku sendiri gak ditanggapi secara personal. Tapi setelah aku lihat lagi Timeline si A, woww dah penuh tanpa mention. Dia bilang sih gitu aja kok repot, kan suaminya yg nafkahin kenapa orang2 pada repot2 protes. Dan lagi dia bilang ngapain bisa masak kalo ga bisa jaga suami (another logika yang aneh menurutku sih, kenapa juga donk suami musti dijagain wkwkwkwk... dan kalo dibalik apakah istri yang bisa masak itu gak bisa jaga suami?) Ada lagi dia bilang kalau suaminya "lebih suka" dia temanin makan di luar di restaurant2 dan harus bisa dandan yang cantik (Again, apakah istri yang bisa masak ga bisa dandan cantik? ah udah identik dengan pembantu bener kali ya persepsinya ehmm musti liat mommy yg satu ini nihh, anak 4 no pembantu karna di luar negeri, jago masak, berkebun, cari duit sendiri, suami dan semua anak ke handle dengan baik dan dia cantikkkk banget + langsing!! so perfect? emang ada? ada  kok yang kayak gini!! buktiin gih klik linknya!).  Trus back to si A, dia juga bilang kalo di dalam kitab sucinya gak ada diharuskan seorang istri harus bisa masak, nyuci, ngepel. Dan suaminya juga gak butuh istri yang bisa bedain bumbu masak, yang penting bisa urus suami, anak, soal masak, nyuci ngepel itu tugas pembantu (kyknya 3 tugas itu udah melekat yah job desc 'hina'nya sang maid). Di twit yang lain juga si A bilang "Kalau suami 'ngelarang' aku masak yah aku nurut sama suami, lagipula makan di luar terus siapa yang mau makan?" Nah apa bener dilarang sih?? Kalo dirunut  awal cerita sih sebenernya dimaklumi gak bisa, bukan dilarang. Intinya si ibu A (menurut aku) sedang melakukan pembelaan diri. Suaminya pun pada saat bilang gitu bukan suatu kebanggaan tapi pembelaan terhadap istrinya yang gak bisa masak. Bukan hal yang memalukan sih gak bisa masak tapi juga bukan hal yang hina untuk bisa masak.

Anyway, hasil survey abal2 ini bilang kalo 60% cowo masih mengharapkan istri bisa masak sementara 40% lainnya bilang gak masalah. Tapi banyak juga jawaban 'licik' yang bilang Gak perlu bisa masak tapi kalo dapet yang bisa yah Alhamdulilah (seperti bonus). hehehehee... Aku juga yakin sih walaupun kualifikasi bisa memasak BUKAN suatu KEHARUSAN, tapi kalau akhirnya dapat yang bisa atau mau belajar masa iya sih si suami melarang atau merasa rugi? 

Enough ah ngomongin orang (ihh yg mulai siapa :p) kalo di RT aku sendiri, suami gak mewajibkan harus masak. Tapi emang akunya sometimes enjoy aja mencampur2 bereksperimen bikin masakan atau bikin kue. Gak bilang aku jago, tapi bisalah kalo sekedar tumis, atau yg udah ada bumbu jadi. Menurut kami, makanan rumah selain lebih hemat pastinya, lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Buat anak udah pasti, kandungan gizinya lebih tercontrol kan kalo masak sendiri. Tapi juga karena ga ada tuntutan, aku gak terbeban untuk masak setiap hari (Mungkin nanti kalau kami jadi move back ke Australia, tapi rasanya bayanginnya pun aku enjoy aja kok), kalau lagi males yah beli atau catering. Kalo sekarang emang aku lagi seneng aja dan mau bereksperimen manggang2 dan bikin kue. It's Fun kok!

Menurutku lagi, jaman sekarang masak memasak bukan lagi hal yang nunjukkin kasta atau grade seseorang (back to cerita tadi deh pembantu vs sarjana). Malah lebih ke lifestyle... tau donk Farah Quinn, si koki cantik yang sering di TV. Mana ada pembonti2nya wkwkwkwk... Ditambah lagi design dapur jaman sekarang, semakin trendy dan friendly dan mendorong manusia2 modern untuk "back to kitchen" Aku malah kebayang tuh main masak2an (eh tapi hasilnya masakan beneran maksudnya) sama suami dan anak2 ntar kalo dah pada gede (Lah yg pertama aja masih 3 thn kalo aku bikin kue bilangnya aja "i want to help mommy" tapi itu butter buat oles masuk mulut semua and tepung dihambur2in sampe cookienya keras hehehehe...., sedangkan yang selanjutnya alias anak ke-2 dst masih di awang2 dehh :p) Kayaknya bakalan seru yahh... Jadi keinget, dulu kaget juga pas suami tiba2 masak rendang, kami masih di Sydney and aku lagi hamil besar. Ternyata bisa juga, padahal kayaknya cuma iseng dia, terus dimasak sendiri dan dimakan sendiri wkwkwkwk...
Masak itu seperti seni juga lohh.. Aku sering kagum kalo nyasar ke blog ibu2 yang tergabung di NCC atau KBB (klub2 buat yang suka bake kue) wahh jago2 banget mereka, apalagi pas liat kreasi cup cake, taart, dengan hiasan2nya. They're trully have talent!! Padahal baca ceritanya banyak juga dari mereka yang awalnya cuma coba2 dan penasaran.

Masak itu suatu hal menyenangkan yang bisa dipelajari kok. Gak cuma buat sang kartini-kartini masa kini (yah biar nyambung sama topiknya juga hehehe...) or maksudnya cewe2 tapi juga buat siapa aja termasuk cowok2. Makanya buat cewe2 baik yang udah married atau masih single, walaupun masak atau enggak hak asasi tiap pribadi (ya iyalahh)... tapi gak perlu jugalah merasa bangga berlebihan dengan ketidak-bisaan masakknya. Sering aku ketemu sih model yang seperti ini, Misalnya lagi kumpul2 bakar ikan, terus ada cewe2 yang dengan manjanya ngeluh2 "Aduhh aku gak tau cara ngupas timun gimana... awww tanganku pedes kena cabe!" Padahal mereka juga bukan dari keluarga yang super berada yang bisa gaji tukang masak dll.Padahal, kalau aja persepsi memasak tidak identik dengan pekerjaan "orang belakang" di Indonesia ini, gampang kok masak itu. Lagipula aku percaya sih, belajar suatu hal yang baru itu bisa mengaktifkan otak kanan. Jangan pernah bilang "Saya gak bisa" untuk keahlian apapun itu. Coba aja, gak perlu master di bidang itu tapi at least kalo udah coba segala barrier, persepsi jelek dll mudah2an bisa ilang kok. Aku sendiri dulu mana pernah masuk dapur waktu masih di rumah ortu, karna belajar ke luar negeri dan gak mungkin makan di luar terus jadi nyoba2 masak, buat makan sendiri aja. Lama-lama menikmati.

Jadi kesimpulannya  perlu gak nih para kartinis jaman sekarang ke dapur? Errrr kalo dapurnya seperti yang di foto ini sih mau yah, masuk doang tapi masaknya enggak wkwkwkwk... Yah terserah aja dan kesepakatan masing2 keluarga (suami istri). Cuma kalo menurutku sih, gak perlu jago2 banget asal bisa aja  terutama buat anak soalnya aku sangat percaya segala yang alami itu lebih baik dan ramah di tubuh ketimbang yang instant. Jadi anakku gak pernah yang instant2. Gitu juga buat yang dewasa (aku+suami), makan di luar okelah sesekali kan bosen juga kalo tiap hari harus masak. Tapi jamin gak cukup bersih atau enggak, belum tambahan MSG dll. So, walaupun sekarang banyak pilihan dine out or delivery, kami tetap lebih prefer untuk lebih sering makan makanan rumah.

2 comments:

  1. Salam kenal dari Sydney mbak..

    Hm?? Aneh juga kalau ada wanita yang menganggap bahwa terjun ke dapur adalah identik dengan babu atawa pembantu? Gimana dengan para wanita yang harus tinggal di LN (contohnya saya ini? :D). Kami yang di LN - tidak sanggup memiliki pembantu karena biaya hidup yang sudah tinggi. Kok aneh yach - ada yang berpendapat spt itu? :D Padahal memasak, terjun ke dapur atau apapun - itu adalah hal yang amat sangat menyenangkan bukan? Well.. akhirnya - semua berpulang pada pemikiran invidu masing2 yach?
    BTW.. ide yang bagus - nanti akan saya coba tulis di blog saya.

    Salam
    Vonny Ablett

    www.learningaza.multiply.com

    ReplyDelete
  2. thx commentnya mba... iya konsep ini masih banyak dianut ibu2 di indonesia mba... Bahkan ga berlebihan kalo aku ambil kesimpulan masih banyak yang "BANGGA" kalo ga bisa masak dan ga turun ke dapur. Emang beda sih mba... aku juga awalnya mau masak (bkn berarti jago) pas kuliah di luar. makan di resto terus tekor lah jadi coba2 masak ehh kok menyenangkan yah :) Mgkn juga jaman dulu masak merepotkan, jenis masakan spt rendang, gule dll musti ulek2. Jadi ibu2 jaman dulu jg suka ga bolehin anak perempuannya turun ke dapur, daripada ngerepotin or menuh2in dapur heehhe... beda ama skrg dimana ada blender, presto, slow cooker, oven, microwave. Mnrt ku sih ga susah2 amat kok. Sbnrnya masak ga masak terserah individu masing2 cuma aku tergelitik sama persepsi sarjana vs pembantu tadi :) salam kenal juga, nanti aku main2 ke blog mba yaaa...

    ReplyDelete