Thursday, May 12, 2011

sahm vs wm is not really a competition

Jangan pusing dengan singkatan di judul postingan ini :) sahm itu kepanjangannya stay at home mom, kalau wm yah working mom. Kalau dulu istilah sahm disebut ftm --> full time mom. Tapi banyak yg protes (mungkin dari working mom) karna kan biar gimanapun gak ada istilah part time mom.

Bosen juga sih sebenernya ngebahas tentang topik ini karna di blog ibu2 lain pasti udah banyak bertebaran bahasan yang sama beserta pro dan kontranya. Cuma aku mau curhat sedikit aja (gak banyak2 kok) tentang beberapa komentar ke diriku yang seorang sahm.

Sekedar refresh, alasan kenapa aku memutuskan resign dan bekerja di rumah udah pernah aku post disini Kalo di postingan tsb aku cerita tentang komentar2 negatif orang tentang seorang ibu rumah tangga, yang belakangan masuk ke aku (entah sebagai basa basi atau kesantunan cari topik pembicaraan) sebaliknya. Biasanya sih di kumpulan ibu2, salah seorang ibu bekerja awalnya tanya2 perkembangan anak "Belle udah bisa apa?" Terus ada juga yang menanggapi "Enak yah bisa di rumah, jadi tau persis perkembangan anak, gak pernah ketinggalan." Ada juga yang katanya sih... iri dan pengen bisa "santai2" sepanjang hari di rumah seperti diriku. Apa tanggapanku ngadepin itu semua? Yah paling cuma bisa senyum :) Masak iya sih mo beberin jadwal kegiatanku dari mulai buka mata, siapin keperluan anak + suami, masak, pikirin aktivitas yang berguna buat anak, belajar sambil main2, cari metode dan nerapin untuk mengkoreksi bad attitude anak, etc etc sampai tidur lagi. Tentunya diusahain ada 'me time' kebanyakan baca buku atau internet (ngeblog, belajar IM, search info berguna), kebetulan aku gak terlalu suka nonton TV sih, jd ga masuk kegiatan yang menurutku cukup berguna. Lebih baik main sama anak daripada nonton TV buat aku.

Anyway, back to topik semula. Yang bikin aku shock adalah kejadian sore ini sih. Karna mumpung lagi di Jakarta jadi aku ketemuan dengan teman2 lama. Temen SMAlah, temen dulu bareng kerjalah, temen SD, dan temen kuliah. Tadi kebetulan sama temen kuliah dulu sama2 di Aussie. Kasus kami sama sih, setelah anak lahir atau pas hamil, resign dari kerjaan. Bedanya anakku masih satu, dia baru aja lahir anak ke-2. Tiba2 lagi ngobrol2 (tadinya bertiga, tapi temen satunya yg sahm juga udah pulang duluan), dia nanya "Terus loe ngapain aja di rumah kalo di Batam?" Padahal baru sejam sebelumnya kita ngebahas loh, ada temen lain (tarolah namanya si X) yg working mom dan setiap tau dari antara kami resign pasti sibuk nanya2 "emang loe bener resign? ga bosen di rumah? si rumah ngapain aja?" Dan kita ngerasa agak ganggu pertanyaannya, karna emang terlalu mojokin sih lama2. Nah, langsung aja aku balikkin "Ihhh elo pertanyaannya kok sama aja kayak si X?" Terus dengan menghela nafas (halah lebay wkwkwkwk) Aku bilang "Say, elo anak dua dan punya baby sitters dua, gw itu ngurus anak sendiri. Emang ada maid sih, tapi yang masak juga tetep gw. Jadi, kalo elo ngapain aja di rumah?" Terus dia cengengesan, malah sempet2 nyeletuk "Oh, kirain masih suka chating kayak dulu" Ya ampun... hari gini sih internetan udah bisa cari duit kali say... ga cuma chatting (emang temenku satu ini agak gatek :p). Yah gimana gak shock ya, kalo yang nanya working mom yang serba bisa (kerjaan kantor beres, anak bisa tetep full ASI, home made food, pinter, santun, suami keurus) mau comment atau kritik ke aku sih hayooo dehh diterima, secara aku gak (blom) sanggup sih bayangin kalo musti kerja kantoran 9-5 (iya kalo 9-5 dan mon to fri, yang udah2 sih 8-8 mon to sat), pulang ke rumah dengan sisa2 tenaga udah harus siap lagi dengan peran sebagai ibu seutuhnya. Well, mungkin orang lain ada yang bisa. Tapi aku ngukur kemampuan diri dan standard yang aku harapkan di perkembangan anakku di segala aspek (dan aku punya keyakinan sih, semua itu ga bisa diserahin ke sekolah atau pengasuh) rasanya aku belum punya kemampuan manage waktu sehebat itu. So, aku hanya bisa bilang salut buat working mom yang bisa handle dua perannya di kantor dan di rumah dengan baik.



1 comment:

  1. Hallo mbak.. tidak perlu di dengar omongan orang. Yang penting mbak bahagia dengna pilihan hidup mbak.
    Duh.. aku mah udah keballlllll diomongin orang as statusku sbg a childless woman hi..hi

    All the best

    Salam
    Vonny

    ReplyDelete